Pengertian Internet, Sejarah, Manfaat dan Dampak Negatifnya

Pengertian Internet, Sejarah, Manfaat dan Dampak Negatifnya
Interconnected Networking (Source: Maxmanroe)

RICKYAJA.com – Internet merupakan kebutuhan utama hampir semua orang saat ini. Internet banyak digunakan tidak hanya oleh remaja, tetapi juga oleh orang tua bahkan anak-anak. Baik itu komunikasi, belanja, media sosial, game atau tujuan lainnya. Kehadiran internet membuat tugas sehari-hari menjadi lebih mudah. Jadi jangan heran jika kebutuhan terus bertambah.

Lalu apa sebenarnya internet itu ? Apakah kalian sudah tahu ?

Jika belum, simak ulasan selanjutnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang Internet.

Daftar Isi

Pengertian Internet

Internet ialah jaringan yang menghubungkan satu perangkat elektronik dengan perangkat elektronik lainnya. Jaringan komunikasi ini mentransmisikan informasi secara akurat dan cepat pada frekuensi tertentu. Standar dunia untuk mengakses internet melalui internet Protocol atau Transmission Control Protocol (IP/TCP)

Jika Anda tidak tahu, istilah itu adalah bentuk protokol data paket yang telah digunakan di seluruh dunia. Kemudian proses penyambungan rangkaian internet tersebut disebut dengan networking. Pakar IT Onno W Purbo menjelaskan pengertian internet sebagai sarana untuk mempermudah proses komunikasi menggunakan aplikasi.

Sejarah dan Perkembangan Internet di Dunia

Internet memiliki sejarah panjang. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui ARPA (Advanced Research Projects Agency) membuat jaringan yang kemudian menjadi ARPANET.

Belakangan, ARPANET ini menjadi cikal bakal lahirnya Internet. Teknologi jaringan sudah digunakan di banyak kampus sekitar tahun 1980-an, meski masih sangat terbatas dan hanya digunakan di beberapa kalangan saja.

Protokol standar IP atau TCP baru muncul pada tahun 1982. Lalu, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan pada tahun 1986. NSFNET ini dibuat untuk menggantikan ARPANET guna mendukung penelitian ilmiah di Amerika. Setelah beberapa tahun, sekitar tahun 1990, ARPANET ditutup.

Sebaliknya, CERN meluncurkan layanan baru yang disebut World Wide Web (WWW). Pada tahun 1993, pengembangan Internic dimulai, yang bertugas mendaftarkan nama domain untuk umum. Di Indonesia, internet mulai hadir sekitar tahun 1994. Di tahun yang sama, orang-orang yang berkecimpung di industri IT mulai mengenalkan internet kepada masyarakat.

Setelah ditemukannya web, internet mulai berkembang. Perkembangan jaringan internet juga telah mengalami banyak perubahan penting dalam hal cakupan, kecepatan, transfer data, dan pemanfaatan.

Hingga saat ini, banyak negara berlomba-lomba untuk mencapai dan memperluas jangkauan dengan menggunakan satelit. Saat area jangkauan internet satelit diperluas.

Kemudian bagian pengiriman paket data juga berubah dari tahun ke tahun. Pengiriman data hari ini tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kemudian pengiriman paket data internet semakin ditingkatkan. Ini cocok dengan ide dan pemahaman tentang Internet serta bantuan teknologi yang semakin maju.

Hal yang sama berlaku untuk kecepatan. Berbagai industri teknologi saat ini berusaha mengikuti perkembangan jaringan. Dari yang pertama 2G, 3G, 4G sampai yang terbaru yaitu 5G. Tentu saja, semakin banyak teknologi jaringan internet yang ingin Anda gunakan, semakin banyak sumber daya yang Anda butuhkan di negara tersebut.

Penggunaan internet juga terus berkembang. Bahkan bisa dikatakan perkembangan internet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat masih dalam proses perubahan. Mulai dari perubahan pengetahuan, komunikasi dan perangkat yang ada. Di masa lalu, hanya personel militer yang menggunakan Internet. Tetapi sekarang Internet semakin banyak digunakan, orang dapat menggunakannya secara pribadi.

Hampir seluruh pekerjaan saat ini membutuhkan internet untuk memudahkan dalam proses kerjanya. Selain kehidupan kerja, internet juga merambah ke bidang lain, seperti politik, ekonomi, informasi, pendidikan, komunikasi dan banyak bidang lainnya. Semakin Internet berkembang, cakupan dan bidang penggunaannya semakin merambah ke wilayah kehidupan yang lebih luas.

Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

Internet memudahkan untuk melakukan banyak hal. Kehadiran internet banyak membantu tidak hanya anak-anak, tetapi juga berbagai kalangan. Internet telah memasuki berbagai bidang kehidupan dan menawarkan keuntungan.

Lantas apa gunanya internet yang bisa didapatkan di berbagai bidang kehidupan? Inilah jawabannya:

  1. Manfaat Dalam Bidang Pendidikan

Internet sangat bermanfaat dalam kegiatan siswa di bidang pendidikan. Kehadiran internet sangat membantu tidak hanya mereka yang pernah mengenyam bangku pendidikan tinggi, tetapi juga mereka yang masih duduk di bangku SD, SMP, atau SMA.

Begitu pula dengan mereka yang tidak bersekolah dan memilih belajar di rumah. Anda dapat belajar banyak di internet. Setiap anak atau siswa memiliki akses ke sejuta keping informasi melalui Internet. Sehingga sangat membantu mereka mengembangkan ilmunya.

Selain itu, setiap orang dapat mengembangkan keterampilan mereka melalui Internet. Dengan banyaknya fitur yang tersedia melalui internet, mereka dapat mencari dan mengembangkan keterampilan.

  1. Manfaat di Bidang Kesehatan

Internet juga menawarkan banyak keuntungan. Anda dapat mengakses informasi kesehatan melalui jaringan komputer. Padahal, banyak sekali informasi kesehatan di luar sana, sehingga Anda harus berhati-hati saat mencarinya.

Juga, dengan munculnya Internet, semakin mudah bagi orang untuk berkomunikasi dengan dokter. Beberapa portal web sekarang juga  menawarkan konsultasi kesehatan virtual dengan dokter yang terampil dalam bidangnya. Anda juga bisa mengakses berbagai hal untuk menjaga kesehatan diri melalui internet, seperti pola hidup sehat, aktivitas sehat, makanan yang baik untuk dimakan atau dihindari, rekomendasi rumah sakit dan masih banyak lagi.

  1. Keuntungan di Bidang Bisnis

Kemudian dalam bidang bisnis, internet juga memudahkan orang-orang yang berkecimpung dalam bisnis untuk meraih keuntungan finansial. Untuk wirausaha, Anda dapat membuat situs web perusahaan, toko online, industri kreatif, atau startup.

Penting juga untuk dicatat bahwa jika Anda memutuskan untuk menggunakan Internet untuk bisnis, area jangkauannya jauh lebih luas. Ini juga memfasilitasi pertumbuhan bisnis.

  1. Manfaat Dalam Bidang Komunikasi Informasi

Selain itu, internet juga dapat digunakan dalam bidang komunikasi dan informasi. Saat ini tentunya Anda sudah merasakan betapa mudahnya berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya cukup jauh. Komunikasi suara, visual dan audio-visual kini sangat mudah. Anda dapat melihat dan mengetahui status orang lain dari jarak jauh. Hal ini menunjukkan pesatnya perkembangan komunikasi di Internet.

Begitu juga di bidang informasi, dimana setiap orang dapat mengakses jutaan informasi melalui mesin pencari internet. Semua informasi sudah ada dan Anda bisa mendapatkannya dengan satu klik.

Bahkan, informasi tentang negara lain yang jaraknya sangat jauh bisa dinikmati hanya dalam beberapa menit. Hal ini sesuai dengan konsep Internet, di mana media elektronik dapat menyediakan akses web yang lebih cepat dan keragaman yang lebih besar di abad ke-21.

  1. Manfaat di Bidang Sosial dan Hiburan

Hal penting lain yang sangat diuntungkan dengan adanya internet adalah kemudahan bagi setiap orang untuk mendapatkan hiburan. Ada banyak platform yang menawarkan setiap orang kesempatan untuk bertukar ide di media dan bersenang-senang.

Kehadiran media sosial tidak hanya memudahkan untuk berinteraksi satu sama lain, tetapi juga memberikan akses hiburan. Baik itu foto lucu atau jutaan video untuk dipilih. Dengan akses yang mudah, siapa saja bisa terhibur kapan saja, di mana saja.

Dampak Negatif Internet

Munculnya internet ke dalam arus utama masyarakat tentunya akan membawa angin segar. Karena berbagai aspek kehidupan dan aktivitas umum menjadi lebih mudah. Namun, tanpa pemantauan yang tepat, Internet bisa menjadi berantakan. Apa saja dampak negatif internet yang harus dihindari? Berikut perkiraannya:

  1. Maraknya ujaran kebencian

Berkat Internet, mudah bagi semua orang untuk berbagi informasi. Termasuk mengkritik seseorang di media sosial. Hal tersebut banyak disalahgunakan oleh masyarakat melalui media untuk menyampaikan ujaran kebencian.
Tentu saja, karena internet tidak memiliki filter terhadap ujaran kebencian, sehingga memudahkan siapa saja, terutama figur publik, untuk menerima komentar dan kritik pedas yang menyakitkan.

  1. Banyak Konten Ilegal

Efek negatif lainnya adalah munculnya sejumlah besar konten ilegal. Konten video adalah yang paling berbahaya. Karena video dengan konten yang tidak pantas juga diproduksi. Baik itu perbuatan asusila, tindak pidana maupun video porno yang tidak ramah anak. Kemudahan berbagai konten disebarluaskan mengharuskan setiap orang dewasa mengawasi penggunaan Internet oleh anak-anak.

  1. Munculnya Cybercrime

Efek negatif yang terakhir adalah munculnya cybercrime atau kejahatan dunia maya. Semakin mudah bagi setiap orang untuk berbagi, semakin mudah bagi orang lain untuk berkomentar dan mengungkapkan pendapat. Nyatanya, tidak semua orang bisa menerima semua yang dikatakan di media.

Oleh karena itu, setiap pengguna internet, khususnya pengguna media sosial, dapat menerima kritik negatif atas konten yang diunggahnya. Cybercrime telah menyusup ke banyak jenis penipuan online, tidak hanya di ruang media.

Selain itu, ada juga tindak pidana lain seperti hacking, hacking dan spamming. Oleh karena itu, internet yang menawarkan kemudahan dan keuntungan harus dimanfaatkan dengan lebih baik. Sehingga kenyamanan itu benar-benar memberikan efek positif dan bukan negatif.

Jadi itulah tujuan dari internet dan websitenya. Mulai dari pengertian, sejarah, perkembangan, manfaat dan juga dampak negatif penggunaan internet. Tanpa filter yang baik, internet bisa menjadi malapetaka bagi penggunanya.

 

Penulis,

Ricky Kurniawan